Terima Kasih FKM Universitas Hasanuddin Makassar

Yang Terhormat, 

  • Rektor Universitas Hasanudin Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu., MA
  • Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin, M.Sc
  • Yang Terhormat, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed
  • Yang Terhormat Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi  Fakultas Kesehatan Masyarakat Ansariadi,SKM, MSc.,PH.,Ph.D
  • Yang Terhormat, Ketua Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Prof. Dr. Ridwan Amiruddin.,SKM.,MSc
  • Yang Terhormat, Ketua Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat DR. Ridwan M. Thaha.,MSc
  • Yang Terhormat, Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat DR. Stang.,MKes
  • Yang Terhormat, Ketua Program Studi Ilmu Gizi DR. Dr.Citra Kesumasari.,M.Kes,SpGK
  • Yang Terhormat, Ketua Ikatan Alumni  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanudin
  • Presiden BEM  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanudin Aryangga Pratama
  • Selanjutnya Bapak Ibu Para Wisudawan/ti dan tamu undangan yang berbahagia.

Assalamualaikum. Wr Wb

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala Rahmat dan KaruniaNya, kepada kita semua pada hari ini bisa berada pada acara Yudisium Periode II FKM Unhas 2018. Suatu kehormatan bagi saya bisa berada di podium ini sebagai salah seorang wisudawan terbaik mewakili para wisudawan  pada periode ini. Pencapaian terbesar dalam hidup saya mendapatkan kesempatan menyelesaikan pendidikan tertinggi di Universitas Hasanudin, dimana saya dipertemukan dengan para pendidik hebat yang dengan penuh kerendahan hati berbagi ilmu dan pengalaman beliau.

Studi yang saya lakukan untuk disertasi saya adalah studi kohortmelihat pengaruh suplementasi besi folat dan multimikronutrien (MMN) terhadap outcome kehamilan di Luwuk Banggai Sulawesi Tengah, yang mengharuskan  saya berada di lapangan selama +19 bulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa "intervensi pencegahan stunting dapat dilakukan sejak sebelum terjadi pembuahan, merekrut wanita prakonsepsi lebih nyata hasilnya, sehingga perlu mengaktifkan posyandu prakonsepsi. Selain itu, asupan makro dan mikronutrien wanita prakonsepsi dan selama tiap trimester kehamilan berada dibawah Angka kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan, dan pemberian MMN yang diberikan sejak masa prakonsepsi atau pada semua WUS dapat menghasilkan status gizi ibu dan outcome kehamilan yang lebih baik." 

Suka duka dalam menempuh pendidikan kami rasakan, namum lebih banyak suka dibandingkan duka.  

Dukanya jelas karena jauh dari keluarga selama menempuh pendidikan dan penelitian, harus  pergi ke desa  di wilayah Luwuk, Luwuk Utara dan Luwuk Selatan, yang melewati bukit  dengan kondisi jalan yang berliku dan menanjak, saat responden tidak kunjung hamil, saat responden sudah masuk usia kehamilan 37 minggu, karena bisa kapanpun terjadi persalinan, dimana saya harus berkoordinasi dalam melakukan pemeriksaan antropometri bayi dan pemeriksaan plasenta. Saya harus mengikuti responden yang akan melahirkan bahkan sampai keluar kota di tempat kampung halaman responden untuk mendapatkan data pemeriksaan plasenta dan antropometri bayi baru lahir.

Suka yang dirasakan sangat banyak, yang dapat menutup duka kami seperti

  • Dapat belajar dalam lingkungan belajar berkualitas dan menyenangkan, kapasitas seluruh dosen yang inovatif dan proaktif
  • Kombinasi antara ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama menempuh pendidikan  yang dapat membuka peluang bagi kami untuk berkiprah dengan luas di tempat kerja dengan mengembangkan, menemukan dan menciptakan ilmu pengetahuan yang kami peroleh sehingga mendapat penghargaan peserta presentasi poster terbaik pembuatan Aplikasi  Teknologi Android dan iOS Optimalisasi Program Penyelamatan gizi 1000 HPK  (Hari Pertama Kehidupan) dengan Metode Pengumpulan Data Untuk Monitoring dan Evaluasi Program pada WNPG (Widyakarya Pangan dan Gizi) ke XI  pada bulan Juli 2018.  Selain itu kami juga dipercaya sebagai reviewer proposal Riset Iptekkes pada bidang Ibu dan Bayi oleh Kemenkes.
  • Selama penelitian di lapangan banyak sekali ilmu yang diperoleh, mulai bagaimana melakukan pendekatan pada pimpinan daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), membuat  dan melakukan kerjasama lintas kementerian, melakukan sosialisasi studi  bekerjasama dengan Universitas Tampotika Luwuk, melakukan sosialisasi program penyelamatan perbaikan gizi di 3 kecamatan, membuat publikasi kegiatan di koran daerah, serta melakukan pendekatan pada responden selama +19 bulan.
  • Melakukan edukasi gizi di KUA, monitoring konsumsi obat, melakukan kunjungan rumah responden, membantu dan mendampingi ibu saat melakukan pemeriksaan kehamilan dan saat bersalin, melakukan keberhasilan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), melakukan pemeriksaan laboratorium Elisahingga ikut menjadi relawan pengajar di Kecamatan Pagimana untuk memotivasi dan menginspirasi anak anak agar mempunyai mimpi besar dengan menuntut ilmu.
  • Saat ada responden yang ingin memakai nama saya sebagai nama anaknya,  saya memberi nama bayi perempuan cantik tersebut Ananda Lucy Bungasari, yang artinya anak Lucy dari desa bunga, di kecamatan Luwuk Utara.Hampir seluruh responden memanggil saya dengan sebutan mama angkat, dan hingga saat ini kami memiliki grup Bayi Sehat Banggai  (BSB) dengan anggota yang tidak hanya sebatas responden saja, untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam melakukan optimalisasi periode emas pertumbuhan anak.
  • Pengalaman yang sangat mengesankan adalah saat  kami harus bolak balik membawa sampel darah dan serum darah dengan perlakuan yang berbeda dari tempat penelitian di Luwuk Banggai ke RSUD Dr. Sutomo di Surabaya untuk memastikan kualitas sampel sejak sebelum terjadi pembuahan dan pada tiap trimester kehamilan, sedangkan usia kehamilan responden berbeda-beda. Bagaimana petugas Bandara menolak kami membawa sampel darah  dan serum darah antar provinsi walaupun semua persyaratan sudah dipenuhi dan upaya mengatasi yang akhirnya memerlukan surat dari Bapak Bupati.

Terakhir, ijinkan saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu., MA selaku Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin, M.Sc selaku Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, serta Prof. Dr. Ridwan Amiruddin.,SKM.,MSc selaku Ketua Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Secara khusus penghargaan dan ucapan terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada Prof. Dr. dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc, Sp.GKselaku promotor, Dr. Nurhaedar Jafar, Apt., M.Kes dan Dr. dr. Siti Maisuri Tadjuddin Chalid, Sp.OG (K) selaku ko-promotor, Panutan dan tokoh Gizi Indonesia, Prof. Soekirman SKM., MPS-ID., PhD,  Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D,  Prof. Dr. dr Suryani As`ad, MS.,Sp.GK  dan Dr. dr. Anang S Otoluwa, MPPM atas bimbingan, arahan, perhatian serta dorongan selama menempuh pendidikan di FKM Unhas.

Terima kasih kami haturkan kepada Pimpinan tempat saya bekerja, Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, kepada Yang saya hormati Bapak Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim.,MM atas perkenan dan bantuannya kepada kami, seluruh manajemen FKM UNHAS serta teman-teman dan sahabat angkatan 2015. Teristimewa, ucapan terimakasih penuh rasa hormat dan kerendahan hati serta penuh rasa cinta yang mendalam kepada keluarga saya tercinta Papa...Mama... Suami dan anak-anak. Terima kasih telah mendorong saya menjadi salah seorang yang terbaik, menyelesaikan pendidikan ini dengan tepat waktu dan IPK yang sempurna.

Kepada adik-adik saya tersayang di FKM Unhas, mari kita sama sama camkan, bahwa tidak ada yang tidak mungkin, akan selalu ada jalan jika kita bersungguh-sungguh. Bermimpilah setinggi mungkin, dan tetap semangat untuk mengejar mimpi tersebut. Jangan takut untuk memulai, dimana ada kemauan disitu ada jalan, jangan mudah berpuas diri, jangan hanya terpaku pada satu cita-cita. Terus berjuang untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi adalah modal utama untuk meningkatkan kompetensi sehingga dapat menjadi lebih baik dalam berkarya. Kesungguhan dan pengorbanan kita yang dapat membuat mimpi itu layak untuk diwujudkan. Semoga ilmu yang kami dapatkan menjadi ladang pahala bagi guru-guru kami tercinta dan bermanfaat untuk diri, keluarga serta masyarakat di sekitar kita dan pada akhirnya bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Ini bukanlah akhir dari perjuangan, tapi awal langkah besar kami untuk mengabdikan diri menyandang gelar yang baru.

Pada akhirnya, saya mewakili teman teman seperjuangan S1, S2 dan S3 menyampaikan permohonan maaf apabila selama menempuh pendidikan kami melakukan kesalahan maupun kekeliruan yang tidak kami sengaja.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Makassar,Desember  2018

DR.dr. Lucy Widasari.,MSi

Berita Lainnya
Satukan Ritme Kerja Pencegahan Stunting, BKKBN Rekonsiliasi Satgas PPS di Aceh
Klik untuk baca berita
Audit Kasus Stunting Bukan Audit Biasa
Klik untuk baca berita
Dinas PPPA Sumut dan Kementerian PPPA RI Laksanakan Bimtek PUG PPRG Tematik Stunting Kesehatan Reproduksi bagi Pemerintah Daerah
Klik untuk baca berita
Satgas Stunting sarankan lima indikator untuk cegah gagal tumbuh anak
Klik untuk baca berita
Sinergi Pemda Halmahera Barat Turunkan Angka Stunting Lewat 8 Aksi Konvergen
Klik untuk baca berita
Gatra Media Group Gelar Sosialisasi untuk Upaya Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting
Klik untuk baca berita
Pesan duo Lusy dan Lucy pentingnya mengajarkan kesehatan gigi dan gizi pada anak
Klik untuk baca berita
Peran Gizi dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia
Klik untuk baca berita
Ramadhan Indah, Hidup Sehat, Bugar nan Berkah
Klik untuk baca berita
Dinkes Kabupaten Banggai Gelar Pelatihan Antropometri Dengan Uji Presisi dan Akurasi
Klik untuk baca berita
Indonesia SIAP Ajak 10.000 Keluarga di Jawa Barat Wujudkan Keluarga Sehat dan Sejahtera
Klik untuk baca berita
Langkah Jawa Barat Atasi Masalah Stunting
Klik untuk baca berita
Pentingnya Pemenuhan Gizi Seimbang di Masa Pandemi Covid-19
Klik untuk baca berita
Jangkau 10 Ribu Keluarga, Frisian Flag Lanjutkan Inisiatif #IndonesiaSIAP
Klik untuk baca berita
Ajak Masyarakat Jawa Barat Wujudkan Hidup Sehat dan Sejahtera
Klik untuk baca berita
Ini Pentingnya Masa Prakonsepsi untuk Mencegah Anak Stunting
Klik untuk baca berita
Indonesia SIAP Ajak 10.000 Keluarga di Jawa Barat Wujudkan Keluarga Sehat
Klik untuk baca berita
Peringati Hari Kesehatan Nasional, Indonesia SIAP Bantu Tingkatkan Pemahaman Gizi Seimbang
Klik untuk baca berita
Asupan Gizi Seimbang Tingkatkan Imunitas Keluarga di Masa AKB
Klik untuk baca berita
Pencegahan Stunting Dimulai Sejak Masa Prakonsepsi
Klik untuk baca berita
Berhasil Tekan Angka Stunting, Herwin Yatim Jadi Pembicara Seminar Kesehatan Nasional
Klik untuk baca berita
Seminar Nasional Unhas Bahas Optimalisasi Pangan Lokal Mendukung Pemenuhan Gizi Masyarakat
Klik untuk baca berita
Wisuda Pascasarjana, Profesi dan Spesialis Periode II 2018/2019
Klik untuk baca berita
Peran Perguruan Tinggi Dalam Pendampingan Program Pencegahan Dan Penanggulangan Stunting Di 160 Kabupaten/kota
Klik untuk baca berita
Fortifikasi Pangan, Strategi Penanggulangan Kekurangan Zat Gizi Mikro DR. dr. Lucy Widasari.,MSi
Klik untuk baca berita
Ethnic Trend Center "NAMBO Woven Clothes" Of Banggai Regency, Central Sulawesi Indonesia
Klik untuk baca berita
Pentingnya Intervensi Sebelum Pembuahan Guna Cegah Stunting
Klik untuk baca berita
Cegah Stunting untuk Kualitas Hidup Anak Bangsa yang Lebih Baik
Klik untuk baca berita
Peran Perguruan Tinggi Dalam Pendampingan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting
Klik untuk baca berita
Terima Kasih FKM Universitas Hasanuddin Makassar
Klik untuk baca berita
Peran Perguruan Tinggi Dalam Pendampingan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting
Klik untuk baca berita
Rencana Aksi Pita Putih Indonesia (PPI) 2019
Klik untuk baca berita
Rencana Kerja Sama Fakultas Kedokteran UKI Jakarta dengan "Johns Hopkins Center for Communication Program" (JHCCP)
Klik untuk baca berita
Membangun Generasi Revolusi Industri 4.0 Butuh Perempuan Cerdas
Klik untuk baca berita
Gizi Prakonsepsi Membangun Generasi Revolusi Industri 4.0
Klik untuk baca berita
Peran Strategis Perempuan Dalam Pencapaian SDGs
Klik untuk baca berita
"Indonesian Stunting Awareness" FK UPN Veteran Jakarta 2018
Klik untuk baca berita
Pita Putih Indonesia Dukung Keselamatan Ibu Sehat
Klik untuk baca berita
Gizi Prakonsepsi Membangun Generasi Revolusi Industri 4.0
Klik untuk baca berita
Membangun Generasi Revolusi Industri 4.0 Butuh Perempuan Cerdas
Klik untuk baca berita
Plt Bupati Busel : Masalah Gizi Bisa Jadi Faktor Penghambat Pembangunan
Klik untuk baca berita
Lantamal VI Gelar Ceramah Kesehatan Tentang Pentingnya Gizi Seimbang Dan Sosialisasi Program BPJS
Klik untuk baca berita
Arusani Komitmen Berantas Stunting
Klik untuk baca berita
Atasi Stunting, IGI dan JHU Gelar Simposium Soal Konsumsi MMS
Klik untuk baca berita
Koalisi Kependudukan Indonesia Bekali Milenials Memahami Persoalan Sosial
Klik untuk baca berita
IN-News: Overcome Stunting, IGI, & JHU Holds MMS Symposium on Consumer Consumption
Klik untuk baca berita
Herwin Yatim Pastikan Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas Terpenuhi
Klik untuk baca berita
Resmikan SAT dan SLB, Labolo Education Centre Siap Wujudkan Generasi Emas di Banggai
Klik untuk baca berita
Bupati Banggai Dan Wabup Resmikan Yayasan Labolo Education Center Dan SLB Sekolah Alam Terpadu 'Mian Nu Lipuknyo' , Bersama Tim TP2AK Stunting Setwapres RI
Klik untuk baca berita
Ketua Persit Kartika (KCK) Cabang XX Kodim 0506 Korcab Rem 052 PD.Jaya Ikuti Pencangan Pos Bindu di Jajaran Kodam Jaya
Klik untuk baca berita
Tekan Stunting, Pemprov Gandeng Ormas NU
Klik untuk baca berita